http://www.celine-inc.com – Sebuah startup teknologi dalam sebuah misi untuk membuat kawasan komersial dan perumahan modern menjadi netral energi telah melengkapi markas bank Belanda dengan jendela pembangkit tenaga surya komersial pertama yang sepenuhnya transparan.

Jendela memiliki sel surya yang dipasang di tepinya pada sudut tertentu yang memungkinkan cahaya matahari masuk berubah secara efisien menjadi listrik.

“Kawasan komersial besar banyak mengkonsumsi energi,” kata Ferdinand Grapperhaus, salah satu pendiri dan CEO startup, yang disebut Physee. “Jika Anda ingin membuat bangunan ini netral energi, Anda tidak akan memiliki permukaan atap yang cukup. Oleh karena itu, mengaktifkan fasad bangunan akan memberi kontribusi signifikan untuk membuat bangunan menjadi netral.”

Jendela bisa menghasilkan 8 sampai 10 watt daya, menurut Grapperhaus.

“Ini memungkinkan pengguna untuk mengenakan telepon per setiap meter persegi [11 kaki persegi] dua kali sehari,” katanya kepada Live Science.

Instalasi pertama Physee’s PowerWindows diresmikan pada bulan Juni di Eindhoven, di selatan Belanda. Kantor pusat Rabobank, bank terbesar Belanda, dilengkapi dengan 323 kaki persegi (30 m m m) dari PowerWindows. Karyawan bank akan dapat menyambungkan smartphone mereka ke jendela menggunakan port USB untuk mengisi baterai mereka, menurut Physee.

Bangunan lain di Belanda sudah berjejer untuk menerima teknologi surya yang inovatif, yang telah memenangkan Physee sebuah tempat di daftar Perintis Teknologi Ekonomi Dunia 2017.

Pada akhir Juni, kantor pusat amal berbasis di Amsterdam, Lotcode Postcode dilengkapi dengan PowerWindows. Setelah itu, Physee akan bergerak maju dengan proyek berskala besar pertamanya: instalasi seluas 19.000 kaki persegi (1.800 m persegi) di sebuah kompleks perumahan besar yang baru dibangun di Amsterdam, menara Bold.

“Saya percaya bahwa setiap jenis kaca baru membutuhkan daya Agen Poker,” kata Grapperhaus. “Entah agar kaca yang diwarnai secara elektrik atau dipanaskan atau di dalam jendela ada tirai surya ini, yang bersifat listrik dan bisa naik dan turun tapi juga semakin banyak Anda bisa melihat kaca video.”

Grapperhaus mengatakan bahwa biaya pemasangan kabel yang membawa daya dari grid ke jendela semacam itu cukup besar di perkebunan komersial besar, dan investasi di jendela pembangkit listrik karenanya akan masuk akal secara komersial.

Physee sudah mengerjakan teknologi generasi berikutnya yang akan melipatgandakan efisiensi PowerWindows. Permukaan generasi kedua PowerWindows akan dilapisi dengan bahan khusus yang mengubah cahaya tampak mendekat menjadi cahaya inframerah dekat, yang kemudian diangkut ke sel surya di tepi jendela.

“Ini bekerja sama dengan [bintang bersinar dalam gelap],” kata Grapperhaus. “Perbedaannya adalah bintang cahaya memancarkan panjang gelombang hijau, tapi lapisan di jendela kita memancarkan cahaya dalam panjang gelombang inframerah.”

Lapisan ini didasarkan pada thulium logam langka. Grapperhaus, bersama dengan temannya Willem Kesteloo, menemukan kemampuan thulium untuk mengubah spektrum cahaya yang luas menjadi cahaya inframerah-dekat pada tahun 2014, selama studi mereka di Universitas Teknologi Delft.

“Seiring waktu, efisiensi kami akan meningkat lebih lanjut karena pengembangan sel surya lebih baik, tetapi juga karena skala ekonomi,” kata Grapperhaus. “Saat ini, kami mencari proyek ikonik di seluruh dunia untuk menunjukkan bahwa bangunan kaca besar dapat dijadikan energi netral dengan cara yang estetis.”

Physee termasuk di antara 30 perintis teknologi tahap awal yang disorot pada tahun 2017 dan dipilih oleh World Economic Forum karena potensi mereka untuk mengubah dunia. Daftar tersebut, yang diumumkan pada tanggal 14 Juni, terdiri dari perusahaan yang mengembangkan berbagai teknologi, termasuk kecerdasan buatan Situs Judi Online Terpercaya Indonesia, solusi keamanan dan bioteknologi dunia maya.

Kehadiran Physee dalam daftar menunjukkan bahwa dunia mulai menghadapi perubahan iklim secara serius, kata Grapperhaus.

“Sepuluh tahun yang lalu, keberlanjutan adalah sesuatu yang tidak dianggap serius – bukan oleh pemodal ventura, bukan oleh banyak pemerintah dan tidak oleh perusahaan besar,” kata Grapperhaus. “Apa yang telah saya lihat selama tiga tahun terakhir adalah bahwa perusahaan menjadi semakin bertanggung jawab, pemerintah menjadi semakin mendukung, dan pemodal ventura semakin tertarik pada keberlanjutan.